Tumbuh dan Kembang Anak Usia 0-12 Bulan yang perlu Bunda Ketahui

Tumbuh dan Kembang Anak Usia 0-12 Bulan yang perlu Bunda Ketahui

Pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan hal yang sangat penting yang harus orang tua perhatikan. Orang tua terutama ibu harus paham betul perkembangan dan asupan Makanan Pendamping ASI agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan anak untuk siklus tumbuh kembang anak dan berkembang menjadi tidak terganggu. Nah, untuk mengetahui bagaimana  pertumbuhan dan perkembangan anak usia 0-12 bulan berikut penjelasannya:

Usia 0 Bulan   :Pada usia ini, mata dan wajah si kecil akan terlihat sedikit bengkak pada saat jam-jam pertama kelahiran. Dia mampu gerak secara refleks seperti mengisap,menggengam dan mencari puting si Ibu

Usia 1 Bulan   :Bayi pada usia ini akan menunjukkan gerakan tangan dan kaki yang bergerak aktif, kepala menoleh kebelakang, bereaksi pada bunyi lonceng, dan menapat wajah ibu.

Usia 2 Bulan   :Bayi mulai mengangkat kepala ketika tengkurap, mulai mengeluarkan suara dan tersenyum spontan.

Usia 3 Bulan   : Kepala bayi mulai tegak ketika didudukkan, memegang mainan. Mulai tertawa /berteriak, dan memandang tangannya.

Usia 4 Bulan   : Bayi mampu tengkurap dan terlentang sendiri, bayi juga mulai bermain sendiri dan “mengobrol” dengan orang tuanya.

Usia 5 Bulan   : pada usia ini bayi mulai mampu meraih, menggapai sesuatu, menoleh ke suara dan meraih mainannya.

Usia 6 Bulan   : bayi sudah mulai di beri makan dan menu untuk MPASI Pertama adalah pure buah-buahan seperti pisang, apel, pir, dan alpukat. Pada hari pertama hingga ketiga sebagai percobaan, kamu bisa memberi satu jenis buah saja dengan frekuensi satu kali sehari. Memasuki hari ke empat, kamu boleh mencampur 2 buah sekaligus seperti apel dengan pir ataupun pisang dengan mangga. Buah-buahan dapat menjadi sumber serat, kalium, kalsium, hingga asam folat.

Usia 7 Bulan   : bayi akan mengambil dengan tangan kanan dan kiri, bersuara maa..ma…da..da

Usia 8 Bulan   : pada usia ini, si kecil akan mulai pandai meniru suara sang ibu dan mulai mengeri nada bicara sang ibu, mungkin dia akan menangis jika sang ibu marah. Si kecil juga mampu melepas sesuatu dengan sengaja dan memungut benda yang lebih kecil.

Usia 9 Bulan   : mulai senang mengacak-acak mainannya, mulai suka menggigit mainan karena giginya mulai tumbuh. Si kecil juga mulgeai menyukai musik dan nyanyian sang ibu.

Usia 10 Bulan   : mulai mampu bertepuk tangan, menggenggam erat mainan dengan kedua tangan.

Usia 11 Bulan   : si kecil mampu memanggil papa mama, ia juga akan memulai menunjuk untuk meminta sesuatu dan tidak lagi meraup dengan seluruh tangannya.

Usia 12 bulan : si kecil mulai berdiri tanpa berpegangan,memasukkan mainan ke cangkir dan bermain dengan orang lain