Mengintip Hidangan Sup Sirip Hiu di Nevada

Sup sirip hiu sekarang legal dijual di Nevada setelah sebelumnya pernah ada undang-undang yang melarangnya. Hidangan nyeleneh ini kalau ingin tahu juga populer di China lho. Bukannya hiu itu hewan dilindungi?

Dilansir Nextshark, RUU Senat No. 194 yang berlaku sampai 1 Januari kemarin, melarang perdagangan bagin tubuh yang berasal dari sirip ikan hiu, singa, gajah, badak, harimau, macan tutul, cheetah, penyu, kuda dan hewan yang dilindungi lainnya.

Undang-undang tersebut ditanda tangani oleh Gubernur Brian Sandoval pada bulan Juni 2017 lalu. Sebagian isi dari undang-undang ini menjelaskan larangan penjualan sirip ikan hiu, baik yang mentah, sudah dimasak dan yang belum diproses.

Sudah populer di China, dan sering dijadikan hidangan istimewa di hari raya

Mengintip Hidangan Sup Sirip Hiu di Nevada
Foto: nextshark.com

Sup sirip hiu merupakan makanan hidangan tradisional yang populer di China. Hidangan ini biasanya disajikan dalam acara-acara istimewa seperti pernikahan dan Tahun Baru Imlek.

Baca juga: 7 Kuliner Paling Ekstrim Di Indonesia

Soal rasa, sup ini memiliki rasa yang agak sedikit hambar namun memberikan tekstur pada supnya.  Menurut yang sudah mencicipi hidangan aneh ini, katanya sup sirip hiu memiliki tekstur yang kenyal, berotot dan berambut. Biasanya sup ini dicampur dengan jahe, bawang merah, jamur, ginseng, kaldu, daging ayam dan bahan lainnya.

Lalu itu artinya hiu akan diburu dan dibunuh untuk diambil siripnya?

Mengintip Hidangan Sup Sirip Hiu di Nevada
Foto: nextshark.com

Hiu tidak akan dibunuh dan hanya akan diambil siripnya saja, lalu dilepaskan kembali ke lautan. Logikanya hiu berenang menggunakan sirip, dan ketika siripnya dipotong, bagaimana hiu bisa berenang? Katanya hiu yang sudah diambil siripnya tidak akan hidup lebih lama lagi.

Menurut Jurnal Reno Gazette, jumlah konsumsi sirip hiu di China semakin menurun, tapi justru di Nevada yang semakin meningkat. Kelompok konservasi Shark Stewards mengatakan bahwa legalnya konsumsi sirip hiu di Nevada disebabkan karena meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke sana dan juga bertambahnya kasino.

Kasihan yah, hewan tak bersalah selalu jadi korban keserakahan manusia!