Gunung Wayang, Pulau Di Lombok Yang Diselimuti Mitos Mengerikan

Pulau Gunung Wayang di Lombok (foto: travel.detik.com)

Selain Bali, Lombok menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Meski menjadi destinasi yang populer, ternyata di Lombok ada satu pulau yang dikeramatkan oleh warga setempat. Kabarnya siapapun yang nekat datang ke pulau ini bisa mati.

Pulau Gunung Wayang memang hanya boleh dilihat dari kejauhan, karena masyarakat setempat percaya ada aura mistis dari pulau yang letaknya persis di depan Pantai Selong Belanak yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Pulau Gunung Wayang berbentuk segitiga yang nampak seperti gunung yang muncul di tengah laut. Kabar mengenai mistisnya pulau ini dibenarkan oleh seorang pemandu. Ia mengutarakan bahwa pulau tersebut memang dikeramatkan oleh Suku Sasak.

Sudah banyak korban termasuk wisatawan yang akhirnya meninggal karena sengaja datang ke pulau tersebut tanpa izin pemangku adat.

Belum diketahui apa sebenarnya penyebab banyak korban berjatuhan setelah mendekati atau mengunjungi pulau tersebut. Warga lokal bahkan tak berani mendekati pulau tersebut. Mereka juga selalu mengingatkan para peselancar yang ingin mendekati pulau tersebut karena sangat berbahaya.

Jika ingin tetap ke pulau yang berbentuk seperti gunungan dalam pementasan wayang itu, pengunjung harus ditemani oleh pemangku adat. Bukan hanya itu, ternyata pengunjung tak bisa langsung pergi ke sana namun harus melakukan terlebih dahulu ritual-ritual khusus.

Meski ada cerita mistis seputar Lombok, namun tetap pulau ini jadi destinasi favorit wisatawan dan tak pernah sepi pengunjung.

by Chalista Tamara
Rabu, 09 Agustus 2017