Burung Tercantik Di Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu Dan Lindungi

Burung Tercantik Di Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu Dan Lindungi

Ada banyak situs tiket pesawat termurah untuk menjelajahi wilayah Indonesia, sebab Indonesia dikarunia alam yang indah dengan beragam flora dan fauna yang menakjubkan pula. Beberapa jenis flora dan fauna bahkan hanya bisa ditemui di Indonesia seperti Badak Bercula Satu, Harimau Jawa, dan Elang Flores.

Hewan-hewan di Indonesia terkenal memiliki keindahan dan kecantikan yang dapat memikat siapa saja yang melihatnya. Dari banyaknya hewan tersebut, ada beberapa jenis burung yang memiliki kecantikan luar biasa. Burung apa sajakah itu? Berikut ulasanya.

  • Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih merupakan salah satu jenis burung tercantik yang berasal dari tanah Papua. Burung ini memiliki warna bulu yang sangat indah seperti biru dan merah. Kecantikan burung ini telah diakui oleh banyak orang tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Tak heran jika burung ini disebut sebagai bidadari dari tanah Papua.

Burung cinderawasih sangat suka bermain di dahan-dahan pohon, namun tak jarang ia juga hinggap di tanah. Burung cinderawasih juga dikenal sebagai burung yang suka menari terutama burung cinderawasih jantan. Hal ini dilakukan saat musim kawin tiba dengan tujuan untuk menarik lawan jenisnya.

  • Jalak Bali

Satu lagi jenis burung yang termasuk daftar burung tercantik di Indonesia adalah burung jalak Bali. Sesuai namanya, burung ini merupakan burung endemic pulau Bali tepatnya di pulau Bali bagian barat. Keindahan burung ini terletak pada bulunya yang berwarna putih bersih dengan corak hitam dibagian ekor dan ujung sayapnya. Burung ini juga dikenal sebagai burung pengicau yang merdu suaranya.

Burung Jalak Bali merupakan symbol dari keindahan pulau Bali. Ia kerap dijadikan sebagai objek pada lukisan khas Bali. Saat ini keberadaa burung jalak Bali sudah sangat memprihatinkan. Populasinya di alam liar sudah sangat berkurang dan terancam punah. Ada banyak hotel seharga Novotel Hotel Tangerang di wilayah Bali untuk dijadikan sebagai tempat menginap guna bisa menikmati keindahan pulau ini, bahkan ada pula yang harganya lebih murah.

  • Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau kerdil merupakan salah satu jenis burung merak yang berasal dari Kalimantan. Burung ini merupakan maskot dari Provinsi Kalimantan Tengah. Walaupun termasuk dalam keluarga burung merak, akan tetapi burung ini memiliki perbedaan. Leher burung kuau cenderung pendek dengan kulit wajah gundul dan berwarna merah.

Burung kuau kerdil memiliki panjang tubuh sekitar 38 sampai 42 cm dengan bintik metalik pada bagian sayap dan ekor. Walaupun memiliki warna yang indah, burung kuau termasuk ke dalam burung yang dilindungi sehingga tidak boleh ditangkap maupun dipelihara tanpa ijin.

  • Burung Bidadari Halmahera

Burung bidadari merupakan nama salah satu jenis burung yang berada di Halmahera, Maluku Utara. Burung ini merupakan burung endemic yang hanya bisa ditemukan di hutan-hutan di Halmahera.Burung bidadari merupakan jenis burung yang masuk ke dalam keluarga burung cinderawasih. Ada banyak penginapan yang bisa disewa layaknya Novotel Hotel Tangerang di wilayah ini, fasilitas yang diberikan juga lengkap dengan lokasi yang mudah diakses.

Burung ini kerap dijuluki dengan si genit karena sering menari-nari untuk menarik perhatian pasangannya. Warna  bulunya yang cantik yang membuat burung ini kerap diburu oleh manusia. Akibatnya jumlah burung ini di alam liar sudah sangat memprihatinkan. Untuk dapat melihat burung ini, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Aketajawe dan hutan Lolobata di Halmahera yang merupakan habitat dari burung ini. Di dunia internasional burung ini disebut dengan Halmahera’s Bird of Paradise.

  • Burung Cililin

Hutan Sumatera dan Kalimantan memang menjadi surge untuk berbagai flora dan fauna. Salah satunya adalah burung cililin. Burung ini merupakan burung endemic yang biasa ditemukan di hutan Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Sumbawa.

Selain populer dengan keindahan bulu dan jambulnya, burung cililin juga dikenal karena memiliki suara yang panjang atau ngerol. Keberadaan burung ini di alam liar sudah tidak sebanyak dahulu. Maka dari itu perlu dijaga dan dilestarikan agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

  • Burung Nuri Sayap Hitam

Ada banyak tiket yang bisa didapat di berbagai situs tiket pesawat termurah ke wilayah Papua, sebab di wilayah Indonesia yang satu ini ada Burung Nuri Sayap Hitam yang masuk kategori jenis burung endemik yang bisa ditemukan di hutan di pesisir pulau Biak dan pulau-pulau di Teluk Cinderawasih, Papua. Burung yang memiliki nama ilmiah Eos cyanogenia ini memiliki panjang sekitar 30 cm dengan bulu yang berwarna merah cerah dengan corak hitam di sekitar sayapnya. Burung ini juga memiliki corak ungu disekitar telingga dengan paruh berwarna merah kekuningan serta mata yang berwarna merah.

Di alam liar keberadaan burung ini sudah mulai terancam. Kecantikan burung ini membuatnya menjadi buruan manusia untuk diperjual belikan. Untuk mencegah kepunahan, perlu dilakukan tindakan pencegarah seperti penangkaran.

Agar kita bisa terus menikmati keindahan burung-burung tersebut maka kita harus ikut menjaga kelangsungan hidupnya dengan tidak membeli burung-burung tersebut untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ayo segera cek tiketnya di berbagai situs tiket pesawat termurah agar bisa menjelajahi berbagai pulau di Indonesia, selain menjejali keindahan flora dan faunanya namun ada banyak tempat wisata yang asik di sekitaran wilayah Indonesia.