8 Nama Makanan Khas Indonesia Ini Punya Singkatan Unik

Batagor (Foto: hariannusantara.com)

Tak dipungkiri lagi kalau kuliner di Indonesia sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Ada banyak sekali jenis makanan yang sudah jadi santapan favorit orang Indonesia. Dan uniknya lagi setiap makanan atau camilan khas tanah air biasanya punya nama yang disingkat.

Mungkin beberapa nama makanan khas ini sengaja disingkat agar mudah diingat oleh masyarakat. Meskipun demikian, banyak yang tidak tahu kala nama-nama makanan ini sebenarnya punya singkatan. Menariknya lagi kebanyakan makanan yang disingkat adalah makanan khas orang Sunda.

Berikut menghimpun 8 nama makanan khas Indonesia yang punya singkatan unik. Mungkin kamu baru mengetahuinya sekarang.

1. Cilok (Aci Dicolok): Disebut cilok karena makanan yang terbuat dari aci ini suka dicolok atau ditusuk ketika hendak dimakan.

(Foto: maxnyoos.com)

2. Batagor (Baso tahu goreng): Semua orang pasti pernah nyoba batagor. Rasnya pasti sangat lezat!

(Foto: nunungarif.com)

3. Comro (Oncom dijero): Terbuat dari singkong yang diparut, lalu dibentuk sedemikian rupa, dan kemudian memasukan oncom ke dalamnya. Jadi makanan ini disebut comro atau oncom dijero (di dalam).

(Foto: priangantimur.com)

4. Cireng (Aci digoreng): Gorengan yang satu ini sudah tak perlu dibahas lagi soal kenikmatannya.

(Foto: money.id)

5. Basreng (Baso digoreng): Bila biasanya baso disajikan dengan kuah dan mie, berbeda dengan basreng di mana baso hanya digoreng lalu disantap renyah-renyah.

(Foto: kripikpedasgrosir.com)

6. Cuanki (Cari uang jalan kaki): Baso cuanki memang nikmat yah, dan kamu pasti baru tahu sekarang singkatan dari cuanki.

(Foto: ulin.com)

7. Colenak (Dicocol enak): Manisnya colenak begitu terasa dilidah. Hidangan ini terbuat dari tape singkong yang dibalur dengan lelehan gula merah.

(Foto: sukabumiupdate.com)

8. Piscok (Pisang cokelat): Piscok merupakan makanan manis yang berbahan dasar pisang yang dibalur dengan saus cokelat yang lezat.

(Foto: thecookingmom.com)