7 Supercar Tunggangan Polisi, dari Ferrari Hingga Lamborghini

Kumparan – Mobil kencang menjadi kebutuhan penting bagi kepolisian dalam menumpas kejahatan di jalan raya, tidak terkecuali bagi polisi Indonesia. Belakangan viral di media sosial foto mobil Ferrari berkelir Patwal Polisi.

Mobil berlogo kuda jingkrak itu disebut milik Polrestabes Surabaya. Mabes Polri membantah mobil seharga miliaran rupiah itu milik Polda Jatim.

Namun mobil kencang nan mahal yang biasa disebut supercar memang banyak digunakan polisi di seluruh dunia. Selain untuk menangkap penjahat, mobil dengan kecepatan luar biasa ini dibutuhkan untuk meningkatkan citra kepolisian.

Berikut adalah 7 mobil supercar yang digunakan oleh polisi di beberapa negara yang dikumpulkan kumparan:

Chevrolet Camaro SS (Dubai)

Chevrolet Camaro SS (Foto: http://www.motorauthority.com)

Tahun 2013, kepolisian Dubai menambahkan mobil supercar Chevrolet Camaro SS di armada patroli jalanan mereka. Uni Emirat Arab adalah negara Timur Tengah pertama yang menggunakan mobil jenis ini.

Mobil ini hanya butuh waktu 4,7 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km jam dengan kecepatan maksimal 250 km/jam. Chevrolet Camaro SS memiliki 426 tenagakuda dari mesin 6.2L V8 di balik kapnya. Setiap tahun antara 2009 dan 2015, mobil ini selalu masuk daftar Best Muscle Car di majalah-majalah otomotif.

Spyker C8 Spyder (Belanda)

Spyker C8 Spyder (Foto: http://www.motorauthority.com)

Kepolisian provinsi Flevoland di Belanda mulai menggunakan supercar Spyker C8 Spyder di jajaran brigade mobil mereka sejak Oktober 2006.

Mobil yang dibanderol dengan harga lebih dari Rp 4 miliar ini dibuat oleh produsen sport car asal Belanda Spyker Cars. Dengan 400 tenaga kuda yang dihasilkan dari mesin Audi 4.2L V8, Spyker C8 Spyder ini mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik saja dengan kecepatan maksimal 301 km/jam.

Audi R8 GTR (Jerman)

Audi R8 GTR (Foto: http://www.auto-motor-und-sport.de)

Kepolisian Jerman menuai decak kagum lantaran memiliki mobil Audi R8 GTR di jajaran patroli mereka. Mobil dimodifikasi oleh perusahaan otomotif asal Jerman ABT Sportsline, beberapa bagian diganti dengan karbon untuk mengurangi bobot, menambahkan kursi balap Recaro, rotator polisi, dan meningkatkan kecepatannya dari 518 menjadi 620 tenagakuda.

Supercar seharga minimal Rp 2,5 miliar ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 3,2 detik. Dengan kecepatan maksimal 325 km/jam, tidak akan ada pencuri yang berhasil lolos dari kejaran mobil ini.

Lamborghini Gallardo (Italia)

Lamborghini Gallardo LP560-4 (Foto: lambocars.com)

Pada tahun 2004, produsen mobil Lamborghini menghadiahi polisi Italia supercar Lamborghini Gallardo pada perayaan 152 tahun kepolisian. Tahun 2008, Lamborghini menghadiahi mobil yang sama namun dengan model terbaru, Lamborghini Gallardo LP560-4.

Mobil yang melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam 3.7 detik ini digunakan oleh Kepolisian Jalan Tol Kota Lazio. Supercar ini memiliki 560 tenagakuda dari mesin 5.2L V10. Supercar kepolisian Italia ini juga dilengkapi dengan kulkas untuk membawa organ tubuh manusia yang akan dicangkok.

Ferrari FF (Dubai)

Ferrari FF. (Foto: Flickr)

Selain Camaro, kepolisian Dubai juga memiliki supercar lainnya di jalanan, yaitu Ferrari FF. Namun mobil yang digunakan kepolisian Dubai pada 2013 ini hanya digunakan khusus untuk polisi wanita alias polwan.

Mobil seharga hampir Rp 4 miliar ini punya kecepatan maksimal hingga 335 km/jam. Ferrari FF mampu berakselerasi mencapai 100 km/jam dari 0 dalam 3,7 detik.

Lamborghini Aventador LP 700-4 (Dubai)

Lamborghini Aventador (Foto: topgear.com)

Satu lagi supercar yang digunakan kepolisian Dubai, Lamborghini Aventador LP 700-4. Kecepatan mobil yang dibeli kepolisian Dubai pada 2013 ini mencapai maksimal 349 km/jam dengan kemampuan akselerasi dari 0 ke 97 km/jam hanya 2,9 detik.

Mobil-mobil mewah yang digunakan kepolisian Dubai digunakan untuk berpatroli di daerah wisatawan. Polisi Dubai mengatakan, supercar digunakan untuk meningkatkan gengsi Dubai sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Brabus Rocket (Jerman)

Brabus Rocket – Polizei (Foto: Wikimedia Commons)

Kepolisian Jerman memiliki supercar Brabus CLS V12 S Rocket yang dibanderol dengan harga hampir Rp 7,5 miliar. Dengan mesin Mercedes-Benz CLS-Class, Brabus Rocket memiliki kecepatan maksimal 362 km/jam dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu hanya 3,2 detik.

Sayangnya Brabus Rocket ini tidak digunakan untuk berpatroli, hanya maskot kepolisian Jerman untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang modifikasi mobil yang aman dan sesuai hukum.

Sumber : kumparan.com