7 Jenis Ikan Unik yg Bisa Berjalan di Darat

Berikut 7 Jenis Ikan Unik yg mampu dan dapat Berjalan di Darat,dikutip dari berbagai sumber:
1.Walking Catfish

Walking Catfish (Lele Berjalan), Clarias batrachus, adalah jenis ikan lele air tawar ditemukan di Asia Tenggara, dinamakan demikian karena kemampuannya untuk “berjalan” dilahan kering, untuk menemukan makanan/lingkungan yang sesuai. 
Meskipun tidak benar-benar berjalan sebagai makhluk berkaki 2 yang sebagian besar atau hewan berkaki 4 melakukannya, ia memiliki kemampuan untuk menggunakan sirip dada untuk tetap tegak karena membuat semacam gerak menggeliat dengan gerakan seperti ular. Ikan ini biasanya hidup diperairan yang bergerak lambat dan sering stagnan di kolam, rawa, sungai. Keahlian sangat berguna untuk pindah ke sumber-sumber air.
2.Snakehead

Ikan ini dapat tumbuh sampai dengan 40 inci (1m) panjang dan dalam satu kasus, tercatat (1.5m) 60-inci.kemampuan mereka untuk berjalan di atas tanah di mana ikan lain akan binasa telah memberikan kontribusi untuk reputasi mereka sebagai “Frankenfish”. Film seperti Teror Ikan tahun 2004 mengabdikan satu adegan sebagai ikan pembunuh.
Tidak hanya bisa mereka menghirup udara atmosfer, tetapi mereka juga bisa bertahan di darat hingga empat hari, asalkan mereka basah, dan dikenal bermigrasi sampai dengan 1/4 mil pada lahan basah dengan menggeliat dengan tubuh dan sirip mereka. Kemampuan untuk “berjalan” dari satu kolam ke yang lain telah membuat sebuah snakeheads terkenal di Amerika Utara.
3.Wooly Sculpin

The wooly Sculpin (Clinocottus Analis) adalah hewan asli pantai California adalah pemburu dengan cara mengintai/menyerang. Artinya, sering berburu dengan menunggu dengan tenang dan beristirahat di bawah air tetapi akan melompat dengan cepat ketika mangsanya datang dalam jangkauan. Sculpins memakan hewan kecil, cacing, keong, atau kepiting. 
Wooly Sculpin memiliki panjang rata-rata 3 inci, Tetapi lebih banyak ikan ini memilikin panjang antara 2-5 inci. Ikan ini dapat bertahan hingga 24 jam keluar dari air jika perlu. wooly Sculpin berkamuflase yang sangat baik, karena menghabiskan begitu banyak waktu beristirahat disatu tempat & kemudian menyerang ketika bertemu mangsa.
4.Eel Catfish

The Lele Eel (Channallabes apus) berasal dari Afrika, memiliki tubuh yang panjang, dan tumbuh sampai 16 inci (40cm) panjang. Seperti gabus, Lele Eel memiliki organ suprabranchial yang mengambil alih tugas menyerap oksigen dari insang saat ikan memutuskan untuk mencari mangsa di darat.Tidak memiliki sirip dada, maka Lele Eel menggunakan strategi unik untuk melacak mangsanya, biasanya kumbang/serangga kecil lainnya di darat. 
Bagian punggung luar biasa fleksibel, terutama di daerah leher. Tidak dapat menghisap makanan ke mulutnya seperti halnya ketika di bawah air, Adaptasi ini membantu hewan ini berpindah dari kolam kekolam yang diperlukan, dan memungkinkan untuk makan sepanjang jalan. 
5.Climbing Gourami
The Climbing Gourami, juga dikenal sebagai Spotted Climbing Perch, yang asli dari Afrika dan Asia Tenggara. menggunakan seluruh repertoar ketika berjalan di tanah. Mereka dibedakan oleh organ khusus yang disebut organ labirin, organ labirin (semacam organ suprabranchial turbocharged) terdapat molekul oksigen dari udara. Terletak di kepala dan fungsi untuk menghirup udara dari permukaan air. 
Anda akan melihat Climbing gurami meneguk udara pada permukaan air untuk mendapatkan oksigen, yang kemudian keluar melewati insang atau mulut. Sementara di bagian luar ikan menggunakan sirip yang bervariasi untuk “berjalan” dari kolam ke kolam. ikan ini biasanya berjalan di darat pada malam hari.
6.Mudskipper
Ikan mudskipper adalah anggota subfamili Oxudercinae ( suku Periophthalmini ), dalam keluarga Gobiidae ( Ikan roket / bloso ). Mereka benar-benar ikan amfibi , ikan yang dapat menggunakan sirip dada untuk berjalan di darat. 
Menjadi amfibi, mereka secara unik disesuaikan dengan intertidal habitat , tidak seperti ikan lain di habitatnya tersebut yang bersembunyi bawah rumput laut atau di kolam pasang surut . Ikan ini cukup aktif saat keluar dari air, makan dan berinteraksi dengan satu sama lain, misalnya untuk mempertahankan mereka wilayah .Mereka ditemukan di tropis , subtropis dan beriklim daerah, termasuk Indo – Pasifik dan Atlantik pantai Afrika .
7.Rockskipper

Rockskippers adalah Ikan cabing, ikan ini akan merangkak ke tanah dan bertahan selama 20 menit di permukaan, mencari makanan dan jika perlu, Rockskippers menggunakan sirip dada mereka untuk merangkak dan menggunakan ekor flex mereka untuk pergi dari mangsa. Panjang – 16cm.Depth – 0-5m.Tersebar luas Indo-Pasifik.