5 Museum Keren di Kawasan Kota Tua Jakarta

Akhir pekan panjang segera tiba, bagaimana rencana liburan Anda? Bagi yang tidak keluar Jakarta, datang saja ke kawasan Kota Tua. Ada banyak tempat wisata keren yang bisa Anda kunjungi, seperti 5 museum ini.

Menikmati akhir pekan tidak selalu soal berkunjung ke taman hiburan. Museum juga bisa jadi pilihan tepat untuk mengisi liburan yang berkesan.

Di Jakarta, ada banyak museum yang bisa Anda kunjungi, seperti museum yang ada di kawasan Kota Tua. Dikumpulkan detikTravel,inilah 5 museum keren di sekitaran Kota Tua:

1. Museum Sejarah Jakarta

Museum yang paling dikenal travel danentik dengan Kota Tua Jakarta adalah Museum Sejarah Jakarta. Museum yang memiliki nama lain Museum Fatahillah ini tepat berada di depan pelataran Kota Tua, tempat biasanya wisatawan duduk dan bercengkrama.

Masuk ke dalam, turis akan disuguhkan dengan berbagai koleksi yang menceritakan sejarah Jakarta. Museum ini terbagi atas beberapa ruang, seperti  Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

2. Museum Wayang

Tak jauh dari Museum Fatahillah, Anda bisa melihat Museum Wayang. Sesuai namanya, museum ini tentulah mengoleksi aneka jenis wayang. Tak hanya dalam negeri, tapi juga wayang dari luar negeri.

Ada lebih dari 4.000 wayang mengisi mueum. Semuanya bisa wisatawan lihat di berbagai etalase yang ada di lantai 1 dan 2.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Masih berada di sekitar pelataran utama Kota Tua, ada lagi museum lain yang tak kalah keren untuk dikunjungi, yakni Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini memajang keramik lokal dari berbagai daerah.

Masuk ke dalam, pengunjung akan dihadapkan dengan aneka keramik dan kerajinan seni, seperti lukisan. Untuk koleksi seni rupa, museum in menampilkan patung-patung, seperti patung Asmat.

4. Museum Bank Indonesia

Museum keren ke-4 yang ada di sekitar Kota Tua adalah Museum Bank Indonesia. Museum ini berada agak jauh dari Museum Fatahillah. Meski begitu, traveler tetap bisa mengunjunginya dengan berjalan kaki.

Museum ini menyajikan berbagai informasi mengenai peran Bank Indonesia. Meski menceritakan sejarah, museum ini tidak akan membosankan bagi traveler karena semua informasi disajikan secara modern dan menarik.

5. Museum Bank Mandiri
Berada tepat bersebelahan dengan Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri juga ramai dikunjungi wisatawan saat ke Kota Tua.

Di dalamnya, traveler akan diberikan informasi mengenai asal mula terbentuknya Museum Bank Mandiri. Tak hanya itu, museum ini juga mengoleksi uang Rupiah dari tahun ke tahun.