13 Candi Terindah dan paling Populer di Dunia

Berikut 13 Candi Terindah dan paling Populer di Dunia
Seperti dilansir lihat.co.id dan berbagai sumber

1. Candi Matahari di Modhera, Gujarat, India.
Eksterior candi ini memiliki postur 4 dewa dan 8 penjaga mata angin yang menjadi ciri khas candi-candi Hindu. Candi yang dibangun pada tahun 1026 ini didedikasikan untuk Dewa Matahari dalam kepercayaan Hindu.

 2. Candi Chennakeshava di Karnataka, India
Dianggap sebagai representasi arsitektur Hoysala, Candi Chennakeshava di Karnataka, India ini didedikasikan kepada dewa Hindu, Wisnu, dengan menara dan kuil. Seperti candi pada umumnya, setiap bagiannya memiliki filosofi tersendiri.

3. Candi Dwarasamudra, Karnataka, India
Dikenal juga dengan nama Dwarasamudra pada abad ke-12 dan 13, Halebeedu merupakan ibu kota Kerajaan Hoysala. Candi ini berlokasi di 30 km Hassan, Karnataka, India. Nama Dwarasamudra berasal dari hadirnya danau di samping Candi Hoysaleshwara. Dwara berarti pintu masuk, Samudra berarti lautan. Danau luas tersebut terlihat bagai lautan. Nama ini kemudian berubah menjadi Halebeedu (kota yang hancur) saat Kesultanan Moghul menghancurkannya tiga kali. …

4. Candi Seeyamangalam Pallava, Chennai, India
Candi Seeyamangalam Pallava ini berlokasi di Seeyamangalam, 80 km dari Chennai, India. Dibangun oleh raja Pallava, Mahendrawarman I pada abad ke-7. Candi ini dibuat sebagai persembahan untuk Stambeshwara, bentuk lain Dewa Siwa.

5. Candi Chausat Yogini, India, Madhya Pradesh
Berlokasi di pusat India, Madhya Pradesh, Candi Chausat Yogini ini disebut juga sebagai Candi 64 Yogini. Berlokasi di atas bukit Bedaghat, 20 km dari Jabalpur. Candi ini dipersembahkan untuk Mahadewi Durga.
6. Thanjavur, 342 km dari Chennai, India
Thanjavur, 342 km dari Chennai, India adalah pusat budaya Tamil Nadu. Candi yang paling monumental di sini adalah Brihadeeswarar yang dibangun oleh Raja Raja Chola I pada tahun 1011 untuk mengenang kejayaan Kerajaan Chola. Candi ini merupakan yang terbesar di India.
7. Istana Orchha dibangun dekat Sungai Betwa, Madhya Pradesh 

Istana Orchha dibangun dekat Sungai Betwa, Madhya Pradesh. Dibangun oleh Raja Orchha pada abad ke-16 dengan 2 istana utama: Istana Raja dan Istana Jahangir.

8. Candi Tungnath, India
Candi Tungnath, berlokasi pada ketinggian 12,073 kaki di atas permukaan laut. Candi ini merupakan yang candi Siwa tertinggi di dunia. Candi berumur 1.000 tahun ini dianggap berhubungan langsung dengan legenda Pandawa dari kisah Mahabarata. Candi ini berlokasi di Tehri Gahrwal, India.
9. Candi Achyuta Rayas, India
Candi Achyuta Rayas merupakan contoh terbaik candi dengan arsitektur Vijayanagara. Candi inilah yang terakhir tersisa sebelum kerajaannya jatuh. Candi ini menyerupai komplek kecil dan didedikasikan untuk Dewa Wisnu. Berlokasi di Hampi, India.

10. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat. Ya, inilah candi Hindu terbesar di dunia. Sisa peradaban masa lalu terekam jelas di sini. Dibangun oleh Raja Suryawarman II pada abad ke-12, candi ini kemudian menjadi simbol Kamboja dan menjadi daya tarik utama di negeri tersebut.
11. Kota kecil Bishnupur di Bengali Barat,
India ini dikenal dengan candi-candi terakotanya dan kaya dengan tradisi artistiknya. Candi-candi di kota ini dihiasi dengan keramik terakota yang menggambarkan kisah-kisah Mahabarata.
12. Kuil Badami, India
Kuil Badami terletak di dalam gua sebelah utara Karnataka, India. Kuil ini dianggap sebagai representasi paling sempurna dari arsitektur Badami Chalukya.
13. Candi Borobudur,
Indonesia, dibangun pada abad ke-9 di masa pemerintahan Kerajaan Sailendra. Candi besar yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia ini dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.