Tips Agar Tidak Tertipu dengan Harga Jual Televisi Murah

Tips Agar Tidak Tertipu dengan Harga Jual Televisi Murah

Televisi merupakan salah satu kebutuhan sekunder yang hampir setiap rumah pasti memilikinya. Selain sebagai hiburan, televisi juga sarat akan berita dan informasi. Namun bagi Anda yang berencana untuk membeli televisi, maka berhati-hatilah, jangan mudah tergoda dengan iming-iming harga jual televisi murah. Karena pada dasarnya, semua toko elektronik membandrol televisi dengan harga yang nyaris sama, paling hanya terpaut 5% saja atau jika ada periode-periode diskon atau promo tertentu misalkan saat grand opening, cuci gudang atau promo akhir tahun.

Berdasarkan pengamatan di pasar, jenis TV sebenarnya ada 3 macam, yaitu TV resmi atau legal (buatan pabrik), TV kanibal serta TV rekondisi. Untuk TV pabrikan tentu sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya, selain itu beragam merk dan tipe TV menentukan variasi harga dari TV ini. Anda tentu dapat membelinya langsung di toko elektronik manapun, baik toko offline ataupun online. Sedangkan jenis kedua jenis TV tabung lainnya yaitu TV rekondisi dan kanibal pengertiannya adalah sebagai berikut:

  1. TV rekondisi.
    TV rekondisi seringkali disebut sebagai TV second di pasaran. TV rekondisi merupakan merek yang sudah terkenal di pasaran, kondisinya pun masih cukup baik. Sekitar 70 hingga 80%. Namun agar lebih menarik, TV dipoles dengan cairan pembersih pada bagian luarnya sehingga terlihat lebih mengkilap. Sementara pada komponen yang sudah tidak layak, diganti dengan yang baru, oleh sebab itu disebut dengan TV rekondisi. TV rekondisi sebenarnya tidak ada larangan jualnya, hanya saja harus diperhatikan soal kartu garansi dan layanan purna jualnya, sebab aslinya, TV rekondisi tidak memiliki keduanya.
  2. TV kanibal.
    Banyak yang jual televisi murah namun ternyata jenis TV yang dijual adalah TV ‘kanibal’. TV kanibal merupakan jenis televisi yang merupakan TV yang dibuat dari gabungan beberapa komponen televisi bekas dalam berbagai merek bahkan tipe. Dengan gabungan komponen tersebut, dijadikan satu lalu dikemas dengan casing baru yang diberi merek tertentu sesuai keinginan si pembuat. TV ini sedikit mengecoh karena memiliki casing baru, ada kardus dan juga kartu garansi seperti TV pabrikan resmi.

Sebagai konsumen tentu kita harus waspada dengan adanya TV yang bukan buatan asli pabrikan. Tentu kita tidak boleh memilih hanya dari gambar saja. Oleh sebab itu, kita harus cerdas dalam memilih TV, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih televisi pabrikan dan berkualitas:

  • Anda patut menjadi curiga jika harga TV yang ditawarkan bisa 30-40% lebih murah dari harga merek lainnya atau merek yang sama.
  • Jangan segan-segan mencoba untuk menghubungi nomor yang tertera pada kartu garansi langsung pada saat masih di toko.
  • Lihat dengan seksama kondisi layar televisi dalam kondisi mati seharusnya terdapat warna abu-abu dengan garis-garis kecil tidak polos.
  • Perhatikan stiker label dengan informasi yang lengkap pada bagian belakang casing televisi, jika tidak ada, maka patut dicurigai.

Memilih televisi juga memang susah-susah gampang, terlebih lagi TV merupakan salah satu perabotan yang harganya cukup mahal dan digunakan selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu, meski banyak toko yang jual televisi murah namun akan lebih baik jika memilih toko yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang cukup baik. Jika memang ingin membeli televisi yang murah, lebih baik berburu lah saat ada diskon atau promo pada waktu-waktu tertentu daripada harus membeli televisi hasil rekondisi ataupun TV kanibal.

Komentar Anda?