5 Penyanyi Dangdut Berciri Khas Unik

Industri musik Dangdut saat ini dipenuhi banyak penyanyi-penyanyi berkualitas. Tapi kualitas saja tak bisa menjamin mereka tetap bisa eksis Ada hal lain yang dirasa tak kalah penting dibanding suara, yaitu ciri khas. Banyak sekali penyanyi dangdut berciri khas unik yang akhirnya bisa mencapai popularitasnya. Siapa saja mereka berikut 5 Penyanyi Dangdut Berciri Khas Unik seperti dirangkum dan bebagai sumber
1. Ellya Khadam
http:///2013/06/5PenyanyiDangdutBerciriKhasUnik.html
Penyanyi dangdut yang satu ini bisa dibilang salah satu orang yang ‘mendirikan’ tonggak musik dangdut sejak memulai kariernya di era 1960-an.

Memadukan unsur India dalam musiknya, menjadi ciri khas yang tak pernah lepas dari sosok Ellya Khadam. Sebut saja ‘Boneka Cantik Dari India’, lagu ini selalu berkumandang di seantero jagad nusantara, bahkan sampai negeri tetangga.

Tidak hanya menciptakan ciri khas dari musik, Ellya Khadam juga muncul dengan penampilan yang unik. Ellya kerap tampil dengan gaya berbusana khas perempuan India, kain sari lengkap dengan ‘sindoor’ di tengah dahi.

Tampilan unik itu bertambah lengkap dengan kepiawaiannya menari India. Berkarier hampir 50 tahun, Ellya menghebukan napas terakhirnya pada 2009 di Bogor. Beberapa lagu lainnya yang populer adalah ‘Pergi Tanpa Pesan’ dan ‘Ogah Ah’.

2. A Rafiq
http:///2013/06/5PenyanyiDangdutBerciriKhasUnik.html
Pedangdut ini sering disebut sebagai Elvis Presley-nya Indonesia. Ya pedangdut tersebut tak lain adalah A Rafiq.

Bukan tanpa alasan, sejak kemunculannya pada 1974, A Rafiq konsisten meniru gaya ‘King of Rock N’ Roll’ itu. Celana ‘cutbray’, kemeja berwarna mengkilap serta gaya berjoged yang ‘Elvis banget’.

Selain itu penikmat musik dangdut tentu saja sangat tidak asing lagi dengan suaranya yang merdu dan melengking. Beberapa pengamat musik bahkan menyatakan belum ada penyanyi lain yang hampir menyamai suara sang legenda.

Mungkin ciri khas terakhir yang begitu melekat adalah gayanya bernyanyi. Saat bernyanyi, pelantun ‘Pandangan Pertama’ ini hobi sekali melempar mikrofon dari satu tangan ke tangan yang lain.

3. Rhoma Irama
http:///2013/06/5PenyanyiDangdutBerciriKhasUnik.html
Mungkin sudah tidak perlu diperdepatkan lagi bahwa penyanyi dangdut yang satu ini mempunyai banyak sekali ciri khas yang sangat diingat oleh masyarakat. Mulai dari musik dan gaya bernyanyi, cara berbicara, gaya berdandan, sampai model rambut.

Berkiprah dari awal dekade 70-an, Rhoma Irama sudah mulai memperkenalkan musik dangdut yang dipadukan dengan unsur pop atau rock. Dengan membentuk band bernama Soneta, Rhoma� memperkokoh musik dangdut ala Rhoma Irama ke belantika musik Indonesia. Mulai dari situ nama Rhoma begitu banyak dikenal secara luas.

Tidak berhenti disitu ciri khas Bang Rhoma, adalah gaya bicaranya yang beda dari yang lain. Salah satu kata yang cukup terkenal adalah ‘Terlalu’.

4. Inul Daratista
http:///2013/06/5PenyanyiDangdutBerciriKhasUnik.html
Inul Daratista sebagai penyanyi dangdut modern jelas punya kriteria untuk masuk dalam daftar ini. Alasannya adalah Inul Daratista-lah yang kemudian mempopulerkan sebuah nama untuk goyangan khas yang dimiliknya, yaitu ‘goyang ngebor’ Ciri khas ini yang lantas membuat sejumlah penyanyi dangdut bermunculan dengan nama goyangannya masing – masing. Sebut saja ‘goyang ngecor’, ‘goyang patah -patah’, ‘goyang itik’ dan lain
5. Ayu Ting Ting
http:///2013/06/5PenyanyiDangdutBerciriKhasUnik.html
Terbilang yang paling muda, tidak membuat nama Ayu Ting Ting tidak masuk dalam penyanyi dangdut dengan ciri khas terpopuler. Penyanyi dangdut kelahiran 1992 ini jelas punya ciri khas, yaitu gaya ‘Korean Pop / K-Pop’ yang selalu diusung saat bernyanyi.

Bukan hal yang baru memang ketika melihat Ayu Ting Ting di atas panggung berdandan ala K-Pop, rambut berwana pirang, mata sipit dan baju-baju yang menggemaskan tentu membuat siapa saja berasumsi demikian. Inilah Ayu Ting Ting, dengan ciri khasnya itu mampu membuat musik dangdut lebih bisa dinikmati semua kalangan.

Pemilik nama asli Ayu Rosmalina itu disadari atau tidak kembali membawa dangdut lepas dari citra erotis” dengan tidak manampilkan goyangan sensual di atas panggung

Komentar Anda?