10 Momen penting Fatin di X Factor Indonesia

Sebelum X Factor Indonesia edisi pertama digelar, tentu tak banyak yang mengenal Fatin Shidqia Lubis. Awalnya Fatin hanyalah gadis yang sibuk bersekolah seperti remaja pada umumnya.

Kehidupan Fatin berubah drastis kala ia mampu membawakan lagu Grenade milik Bruno Mars di audisi X Factor Indonesia dengan sangat baik. Juri dan seluruh penggemar musik di Indonesia tersentak dengan karakter yang dimiliki Fatin. Sejak itulah nama Fatin terus berkibar sehingga menjadi jawara di X Factor Indonesia.

Dalam ulasan kali ini, ingin menceritakan ulang jejak langkah gadis 16 tahun ini hingga meraih juara di X Factor. Seperti apa? Berikut10 Momen penting Fatin di X Factor Indonesia seperti dirangkum dan kapanlagi

 
1. Berawal Dari Granade
Masih mengenakan seragam sekolah, Mulan Jameela yang saat itu menjadi juri tamu memberikan Fatin kesempatan untuk unjuk gigi. Setelah memberi perkenalan secukupnya, Fatin akhirnya menunjukkan kualitasnya dengan menyanyikan lagu favoritnya, Grenade.

Bukan main, seluruh juri dibuatnya tercengang. Begitu pula penonton di dalam gedung. Penggemar musik yang lain pun berlomba menyaksikan videonya di Youtube. Bisa dibilang inilah langkah awal dan pondasi utama Fatin menuju kesuksesan.

 
2. Menggema di Dunia Maya
Begitu publik tahu bahwa ada kualitas di diri Fatin, otomatis ia menjadi salah satu orang yang paling sering dijadikan perbincangan, terutama di dunia maya. Video penampilan Fatin terus menyebar.

Aura positif Fatin secara tak langsung membuatnya makin populer. Fans Fatin pun bertambah setiap harinya. Bahkan salah satu penggemar Fatin mengunggah video Grenade versinya ke situs resmi Bruno Mars, sang pemilik lagu.

3. Salah Lirik
Menjadi penyanyi di hadapan publik dengan ekspektasi besar jelas bukan pekerjaan mudah. Mungkin itu yang membuat Fatin beberapa kali tampak grogi sehingga salah mengucapkan lirik Tentu saja ini merupakan hal yang ironis bagi penyanyi dengan fans yang sangat melimpah. Fatin pertama kali melakukan kesalahan mendasar itu pada fase Boot Camp, bulan Januari lalu.

4. Salah Pilih Lagu

Selain salah lirik, juri X Factor beberapa kali menyoroti pemilihan lagu Fatin. Maia Estianty pernah mengomentarinya kala menjadi juri tamu. Menemani Rossa, Maia menyebut Fatin sebagai penyanyi berkarakter namun sayangnya lagu yang ia bawakan belum pas.

“Kalau menurut gue sih, dia tuh punya karakter. Tapi untuk nyanyi lagu ini, menurut gue dia ga cocok. Maksudnya dia tidak membawakan lagu ini dengan rasa yang indah,” ujar Maia kala itu.

Hal senada juga pernah diucapkan oleh juri lainnya. Di Gala Show 4, Bebi Romeo berpendapat Fatin kurang pas saat menyanyikan lagu Don’t Speak dari No Doubt. Opini Bebi ini dibantah oleh mentor Fatin, Rossa. Adu argumen pun sempat terjadi saat itu.

5. Diamonds Ala Fatin
Salah satu penampilan terbaik Fatin dan sukses membuat juri kembali percaya akan kemampuannya adalah saat ia membawakan lagu Diamonds dari Rihanna. Pada pertengahan Februari tersebut, Fatin begitu percaya diri dan tampil gemilang membawakan lagu tersebut. 
Pujian pun terus mengalir dari para juri Fatin, Wow! Fatin, kamu ini adalah penyanyi yang nggak boleh gagal. Kalau kamu gagal, saya marahin mama kamu,” tutur Bebi Romeo kala itu.
6. Makin Matang
Terpaan mentor dan juri jelas berpengaruh pada perkembangan vokal Fatin. Semakin sering tampil, suara Fatin pun makin matang. Bahkan Ahmad Dhani sudah menyebut Fatin pantas menjadi juara saat membawakan lagu Perahu Kertas milik Maudy Ayunda pada 23 Maret lalu.

“Kalau kemarin saya bilang bahwa saya rela kalau Novita Dewi jadi juaranya, saya juga rela kalau kamu jadi juaranya. Karena semua Factor X ada di kamu,” puji Dhani.

Saat itu Fatin memang tampil memikat. Ia tampak menguasai lagu favorit yang kerap ia putar sebelum tidur itu. Pujian dari juri lain pun ikut mengalir.

 
7. Efek Luas
Apapun lagu yang dibawakan Fatin di gelaran X Factor, otomatis popularitas lagu tersebut meningkat. Begitu pula dengan akses pencarian lirik tersebut di situs ini Penampilan Fatin yang memikat juga mampu melesatkan single Perahu Kertas versinya menembus peringkat 4 iTunes Indonesia. Ini adalah yang terbaik dibanding kontestan lainnya.

8. Surat MUI

Salah satu momen yang paling menghebohkan di tengah perjuangan Fatin adalah kiriman surat dari KH. A. Cholil Ridwan, Ketua MUI Pusat Bidang Seni Budaya. Dalam surat itu, Cholil meminta Fatin terus menjaga akidahnya sebagai muslimah.

Berikut isi surat yang beredar luas di dunia maya tersebut:
Kepada yang Kami Banggakan :
Ananda FATIN SHIDQIYA LUBIS.
di X Factor.

Assalaamualaikum Wr.Wb.
Bapak sering menonton penampilan Fatin di X FACTOR, bapak dan keluarga bangga dengan kamu yang tetap berjilbab dalam penampilanmu ikutan di X FACTOR. Bapak sebagai Ketua MUI Pusat yang membidangi Seni dan Budaya ingin berpesan untuk Fatin sebagai berikut:

1. Pada suatu saat Fatin akan dihadapkan pilihan, jilbab atau karier. Misalnya akan ada yang membisikan Fatin dengan kalimat; “Kalau mau menang jadi juara I kamu harus copot jilbab!” atau “kalau mau ikut nyanyi di luar negeri kamu harus copot jilbab”, Bapak pesan jangan sekali-kali kamu jual akidahmu demi karier duniawimu. Dan jauhi pergaulan negatif.

2. Jangan tinggalkan sholat lima waktu dengan alasan apapun, kalau terpaksa boleh di akhir waktu. Dan kalau betul-betul darurat bisa dijamak.

3. Kepada umat Islam, khususnya muslimah yang sudah berjilbab dan anggota HIJABERS setiap Fatin mau tampil di X FACTOR kirim SMS ke 9288 dan ketik FATIN, niyatkan untuk da’wah dan syiar Jilbab.

4. Rumus jilbab itu 3T yaitu Tidak buka aurat, Tidak transparan, dan Tidak ketat.
Terima kasih atas perhatian Fatin dan salam buat kedua ortumu.

Wassalaam ,
KH. A. Cholil Ridwan
Ketua MUI Pusat Bidang Seni Budaya

9. Hampir Tereliminasi

Babak empat besar merupakan momen paling mendebarkan bagi Fatin dan fansnya. Kala itu ia terancam terlempar dari persaingan setelah mendapatkan dukungan SMS paling sedikit bersama Mikha Angelo. 
Emosi fans sempat ‘dipermainkan’ oleh MC Robby Surya yang terus mengulur-ulur pengumuman. Akhirnya Fatin dan fansnya bisa bernafas lega setelah Robby mengumumkan bahwa ia masih selamat dan bisa melaju ke babak selanjutnya.
10. Juara!
Di Grand Final, Fatin harus menghadapi penyanyi dengan teknik sangat prima, Novita Dewi. Banyak yang menganggap ini adalah finaleal. Tak sedikit pula yang menjagokan Novita Dewi sebagai pemenang. Tak heran bila banyak adu argumen di dunia maya.
Kedua kontestan ini sama-sama memiliki kelebihan. Mereka memang superior di ajang tersebut. Namun ajang adu bakat ini hanya mencari satu pemenang di peringkat pertama. Akhirnya, Novita Dewi pun harus mengakui keunggulan Fatin. Ya, gadis berjilbab yang masih duduk di bangku sekolah ini sukses menjadi magnet baru di belantika musik Indonesia.


Hasil Pencarian:
  • fatin dan mikha angelo
  • novita dewi grand final

Komentar Anda?