10 Hal Menakjubkan yg ada di Pulau Lombok Indonesia

Sebagai orang Indonesia kita harus kenal dengan keindahan di Negri kita sendiri tepatnya di Pulau Lombok.Ini dia10 hal indah tentang Pulau Lombok:
1. Pantai Senggigi
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah.
2. Batu Bolong
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki dari Senggigii, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.
3. Rinjani Mountain and National Park
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing.
4. Gili Trawangan
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Trawangan punya nuansa “pesta” lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau. Tapi ternyata gan dulunya gili trawangan ini adalah tempat pembuangan narapidana.
5. Pantai Sire
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Sire adalah sebuah pantai yang memikat dengan lembah yang menawan, air yang jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Pantai ini terletak sekitar 35 km dari pusat kota mataram. Apabila anda telah sampai disini, dijamin anda tidak akan menyesalinya. karena pemandangan disini sangat menakjubkan.Tidak diragukan lagi memberikan kondisi yang sempurna untuk olah raga air. Hamparan pasir putih yang lembut langsung menyambut kita saat tiba di pantai sire. Hembusan ombak yang berlarian ke pinggir pantai dan membasahi kaki kita terasa sangat menyegarkan. Suasananya sangat membuat kita rileks, seakan lupa dengan kejenuhan aktivitas sehari-hari.
6. Ayam Taliwang
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Ayam Taliwang adalah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya seperti Plecing kangkung.
7. Mataram
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Mataram adalah ibukota Nusa Tenggara Barat sangat cocok untuk wisata budaya, perpaduan antara budaya Lombok dan Bali dan sentuhan dari etnis lainnya, melahirkan suatu kolaborasi budaya yang sangat menarik, dan ada beberapa tempat menarik yang layak untuk dikunjungi terkait dengan hal tersebut antara lain, Kuburan Tionghoa Bintaro, Taman Mayura, Pura Meru, Pura Segara, Museum Nusa Tenggara Barat, Loang Baloq, Kota Lama Ampenan.
8. Taman Narmada
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Biasa juga di sebut Taman Lombok Raya di dalamnya terdapat kolam renang dan kuil hindu yang biasa digunakan untuk acara/upacara keagamaan hindu. Selain itu, ada pula Balai Petirtaan yang sumber mata airnya berasal dari Gunung Rinjani. Balai Petirtaan juga merupakan tempat pertemuan tiga sumber air, yakni Suranadi, Lingsar, dan Narmada. Karena mata airnya berasal dari Gunung Rinjai dan tempat pertemuan tiga sumber mata air lainnya, maka air yang ada di Balai Petirtaan dipercaya dapat menjadikan orang yang meminum dan membasuh mukanya dengan air di situ akan awet muda.
9. Suranadi
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Adalah desa kecil lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tenis. Ada juga candi Hindu tertua.
10. Sasak Tribe
http:///2013/06/10-hal-menakjubkan-yg-ada-di-pulau.html
Adalah sukubangsa yang mendiami pulau Lombok dan menggunakan bahasa Sasak. Uniknya orang-orang suku sasak ini pada saat resepsi perkimpoian, dimana perempuan apabila mereka mau dinikahkan oleh seorang lelaki maka yang perempuan harus dilarikan dulu kerumah keluarganya dari pihak laki laki, ini yang dikenal dengan sebutan merarik atau selarian. 
Sehari setelah dilarikan maka akan diutus salah seorang untuk memberitahukan kepada pihak keluarga perempuan bahwa anaknya akan dinikahkan oleh seseorang, ini yang disebut dengan mesejati atau semacam pemberitahuan kepada keluarga perempuan. Setalah selesai makan akan diadakan yang disebut dengan nyelabar atau kesepakatan mengenai biaya resepsi. 

Komentar Anda?